Yunick UNIT USAHA KEMASYARAKATAN, MAJU dan MAKMUR

SELAMAT DATANG DI YUNICK'S RABBIT dan UNIT USAHA

Rabu, 17 Maret 2010

Memenangkan Bisnis Kita

Refleksi, Trik dan Tips Melayani Pelanggan dengan Benar

Dalam pemasaran, hal yang paling utama adalah kepuasan konsumen dengan cara anda memenuhi kebutuhan konsumen. Keputusan pembelian konsumen biasanya didasarkan atas sesuatu yang membuat para konsumen tersebut puas atas kebutuhannya.

Contohnya, jika anda sedang sakit flu, maka pikiran anda otomatis akan menemukan cara bagaimana agar sakit kepala, batuk dan hidung tersumbat yang anda derita dapat anda singkirkan secepat mungkin tanpa efek samping.

Atau jika anda sibuk dengan rutinitas pekerjaan anda, maka tugas mencuci pakaian akan anda serahkan ke binatu yang bisa mencucikan pakaian anda dengan bersih, harum, cepat dan tidak luntur.

Kira-kira apa yang bisa anda simpulkan dari contoh diatas? Ok, mari saya bantu. Kesimpulannya adalah setiap orang butuh sebuah solusi atas kebutuhan mereka. Hal ini yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Kata lainnya adalah mereka butuh MANFAAT dari sebuah produk atau jasa. Dalam benak mereka hanya ada satu “Produk atau jasa mana yang manfaatnya sesuai dengan kebutuhan saya ya?”. Tapi ingat, produk atau jasa anda harus punya diferensiasi yang kuat agar konsumen jatuh hati pada produk atau jasa anda.

Berangkat dari kesimpulan diatas, anda wajib tahu manfaat apa saja yang dibutuhkan konsumen agar anda dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

  1. Ekonomis
    Manfaat ekonomis adalah segala manfaat yang berkaitan dengan uang. Tentu saja yang paling sering dicari adalah harga sebuah produk atau jasa. Seringkali hal ini sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tapi bisa juga biaya memelihara suatu produk atau jasa. Contohnya bila anda membeli sebuah motor, kemungkinan anda akan berpikir “Biaya perawatannya tinggi apa tidak ya? Manfaat ekonomis model seperti ini juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
  2. Fungsional
    Manfaat fungsional biasanya identik dengan apakah produk atau jasa tersebut sesuai dengan apa yang dijanjikan atau tidak. Contohnya bisa melenyapkan noda di kain, melegakan hidung yang tersumbat, menyediakan makanan yang bergizi, membuat situs populer atau manfaat fungsional yang lainnya. Ini manfaat yang paling sering dipertimbangkan dalam keputusan pembelian konsumen.
  3. Psikologis
    Kalau yang ini, keputusan pembelian konsumen biasanya terkait dengan perasaan atau kepercayaan terhadap suatu produk atau jasa. Contohnya adalah seseorang yang merasa status sosialnya berubah ketika memiliki mobil mewah. Atau bisa juga keramahan dan kesopanan pelayanan sebuah hotel. Atau kepercayaan kepada sebuah toko yang selalu memberikan barang dengan kualitas yang terbaik.
Maka dari itu, perhatikanlah ketiga jenis manfaat diatas agar penjualan produk atau jasa anda berhasil. Jika anda bisa memberikan produk atau jasa yang manfaatnya bisa memecahkan permasalahan konsumen anda, maka anda bisa dengan mudah mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Minat beli konsumen jadi tinggi. Apalagi jika ketiga manfaat diatas ada pada produk atau jasa anda.

Selamat mencoba. Jangan berpikir keuntungan dari segi materi(uang) dulu jika usaha kita akan sukses. Tapi cobalah kita dapatmemfasilitasi antara apa yang diinginkan konsumen/pembeli dengan kepuasan pasca konsumen mengkonsumsi usaha/jasa kita.

Termasuk dalam beternak kelinci, ingat, pelanggan akan menceritakan "hanya" kepada 2 orang yang lain ketika mereka puas dengan kelinci yang mereka beli, namun akan menceritakan kepada 10 orang atau lebih ketika mereka tidak puas dengan kelinci yang mereka beli.

Pahami mereka sebagai diri kita juga, jika mereka untung maka kita juga untung, dan jika mereka rugi, maka secara otomatis kita akan menerima kerugian berlipat ganda melebihi pelanggan kita.

Sukses Peternak Kelinci Indonesia, ditangan kita perkelincian akan semakin hebat, dan ditangan kita juga perkelincian akan hancur lebur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar