Yunick UNIT USAHA KEMASYARAKATAN, MAJU dan MAKMUR

SELAMAT DATANG DI YUNICK'S RABBIT dan UNIT USAHA

Rabu, 17 Maret 2010

Lanjutan KELINCIKU MATI !!

Lanjutan.....

Demikianlah, akhirnya kelinciku gugur 2 ekor. Setelah aku baca-baca dibeberapa kajian sebagai bahan referensi tentang perkelincian, akhirnya aku menyadari, bahwa tidak sepenuhnya kesalahan ditimpakan pada satu pihak. Aku banyak belajar dari kejadian yang menimpa ternakku. Aku memang sempat mengamati beberap kejadian dan peristiwa, sebelum kelinciku MATI, dan kemudian menggabungkan dengan pengetahuan yang aku dapat pada artikel ternak kelinci. Bahwa kematian kelinci yang terjadi ketika membeli dibawah umur 2 bulan sering kali tidak ada obatnya, kecuali sekadar perawatan dan itu sangat tidak menjamin kesembuhan.
Adapun Gejala yang terjadi adalah:
1) rendah serat dan kelebihan karbohidrat (kebanyakan terjadi pada kelinci yg dijual di petshop/pinggir jalan.
2) Stres krn dipisah dari induk mendadak dibawah umur 2 bulan lalu dibawa pergi jauh. 3)kekurangan enzim,
4) enterotoxin dan
5) kemungkinan pengaruh dysautonomia.

Tanda-tanda biasanya ditunjukkan oleh;
1) perut mengembung, penuh cairan gas.

2) sekum kosong mengembang (tanpa feses pada anus),

3)perut buncit dgn lendir (yang sering dikatakan kelinci mencret).

Solusinya memang ada tiga, tetapi tidak bermaksud mengobati, yakni

1). Berikan pakan rumput untuk memasok serat karena kelinci kekurangan serat. Tarik pelet/konsentrat. (kalau para bakul justru sering menyarankan diberi pelet saja cukup) Ini jelas kebalik.

2) kurangi stres lingkungan. Gimana caranya ya? apa sih yg membuat stres? bukankah penyebab stres adalah krn terpisahnya dgn induk dan perjalanan jauh?

3). wajib dipasok air minum dan vitamin krn kelinci dehidrasi. (bodoh banget ya kalau percaya kelinci jgn dikasih air minum saat perjalanan).

INILAH KONDISI YG TERJADI DARI KELINCI YG DIJUAL DI PETSHOP ATAU PINGGIR JALAN. Kalau para bakul tentu senang dengan kondisi ini krn mereka punya pemikiran kelinci mati lalu orang beli lagi. Kematian kelinci biasanya terjadi tepat pada antara hari ke 5-10 sejak dipisah dari induk, tepat saat dirawat oleh para pembeli yg biasanya menerima kelinci pada hari ke 4 dari petani desa. Jangan tanya obat soal ini, sebab banyak buku dengan sajian penelitian hanya menganjurkan rekomendasi pengobatannya pada tiga hal1). kemungkinan coccidiosis, enteritis (radang usus), atau pengaruhh Clostridia. Semuanya serba sulit. Yang termudah adalah membeli anakan yang sehat, tidak dibawa pergi jauh kecuali induk yang kuat fisik.

SEMOGA BERMANFAAT. Semoga kelinci yang kita ternak dapat berkembang biak dengan baik. Sukses Peternak Kelinci Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar